Beranda > Medan News > Mengapa Rel Kereta Api Banyak Batu Kerikil?

Mengapa Rel Kereta Api Banyak Batu Kerikil?


Rel Kereta Api. JejakiJika kita perhatikan di sepanjang Rel Kereta api di mana-pun itu. Hampir di sepanjang rel kereta api tersebut  terdapat batu kerikil yang terletak di bawah, pada samping kanan dan kiri rel kereta api tersebut. Mengapa Batu kerikil selalu diletakkan di sekitar rel kereta api tersebut? mengapa? adakah anda tahu alasannya?, katanya sih batu kerikil tersebut sengaja ditaruh dan sekarang kira-kira apa fungsinya ya? setelah Admin menyelusuri berbagai situs informasi,  Admin menyimpulkan beberapa fungsi batu kerikil tersebut di letakkan di sepanjang rel. Seperti apa kira-kira. Dibawah ini Admin sudah tuliskan jawabannya, silahkan di baca.🙂

Fungsi batu kerikil pada rel kereta api adalah sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ini, rel dapat tetap berdiri dengan stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan dengan baik. Batu kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas dapat dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api.

Dan yang terakhir, batu kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat  secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan kereta api.

Tapi ada beberapa tempat yang tidak ada batu kerikil seperti foto di bawah ini.

kereta api melintasi jalan1. jejaki

Di dalam peletakan batu-batu kerikil tersebut ternyata mencakup sistem pengecualian, seperti apa pengecualian yang di berlakukan?, simak jawabannya di bawah ini.

Memang, ada posisi-posisi tertentu tidak perlu batu kerikil, seperti rel kereta api yang terdapat di atas jembatan atau jalan raya. Hal ini terjadi karena semua fungsi dari batu kerikil tadi sudah diambil alih fungsinya oleh mekanisme lain.

Jembatan sudah dirancang khusus sedemikian rupa supaya dapat menahan getaran yang akan terjadi yang dihasilkan ketika kereta melintas.

Demikian pun dengan rel kereta yang terdapat pada jalan raya, jalan aspal telah menggantikan peranan batu kerikil dengan baik. Sehingga pada tempat-tempat tersebut, tidak diperlukan lagi batu kerikil untuk diletakkan di bawah rel kereta api.

Jadi jangan ada lagi orang-orang yang mengangkut batu-batu kerikil dari sepanjang rel kereta api frend..!!!🙂🙂

STOP mengambil batu-batu dari sepanjang rel kereta api.

  1. 4 Desember 2012 pukul 4:04 AM

    Termasuk besi-besi rel keretanya STOP jangan dipretelin alias di maling lagi😀.

    • 4 Desember 2012 pukul 4:11 AM

      Setuju🙂
      biarkan yang Hidup merawat yang Mati..!!!🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: