Beranda > Medan News > Apa Sebab Ayam Jantan Selalu Berkokok di Pagi Subuh

Apa Sebab Ayam Jantan Selalu Berkokok di Pagi Subuh


 

JEJAKI MEDAN – Ada anjuran yang dulu sering bapak saya katakan waktu saya kecil. “Bangunlah pagi, Nak, supaya rezekimu tidak diambil ayam.” Tetapi itu dahulu Bro….!! berkisar 20 tahun-an silam. Saat ini saya tidak pernah bangun pagi karena saya seorang Karyawan di salah satu terbitan Surat Kabar terdepan di Kotaku yang setiap harinya masuk malam, “tiba Malam saya bersua, tiba pagi saya tertidur”. Dengan aktivitas keseharian seperti ini tentunya apa yang pepatah seperti itu terhindar jauh. Bekerja  malam hari dan tidur di pagi hari, anjuran bapak tidak bisa saya turuti.

Terbersit pertanyaan di benak saya, kenapa ayam jantan selalu berkokok saat menjelang subuh, bahkan sebelum matahari muncul di ufuk Timur? Ternyata menurut hasil penelitian, hal itu ada hubungannya dengan jam alarm alamiah yang dimiliki ayam jantan, ternyata jam alarm di miliki ayam juga yahhh..!!🙂.

Ayam jantan berkokok karena memiliki jam internal yang membantunya mendahului terbitnya matahari. Seperti halnya burung, ayam jantan bernyanyi atau berkokok dalam siklus harian. Hampir semua hewan memiliki siklus harian dari kegiatan yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Ini adalah ritme biologis pada hewan, yang mengikuti siklus siang dan malam, dilansir earthsky.org .

Ayam jantan mendahului matahari terbit untuk mengawali berburu makanan sehari-hari dan juga untuk pertahanan wilayah. Namun, jika satu ayam jantan tetangga memiliki jam internal yang telah diatur sedikit lebih awal, ini dapat merangsang ayam jantan lain untuk berkokok lebih awal juga.

Nyanyian ayam jantan saat matahari terbit sebenarnya adalah suatu cara untuk “membangun kekuasaan” wilayahnya. Ketika ayam berkokok, dia mengirimkan sinyal ke ayam jantan lainnya bahwa jika melanggar, berarti mereka minta berkelahi. :)(apakabardunia.com)

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: