Beranda > Medan News > Chelsea Pecat Di Matteo

Chelsea Pecat Di Matteo


Kekalahan 3-0 Chelsea dari Juventus di Liga Champions ternyata berbuntut pemecatan Roberto Di Matteo sebagai pelatih The Blues.
Kesabaran Roman Abramovich kepada Roberto Di Matteo mencapai puncaknya. Setelah Chelsea hanya meraih satu kemenangan dari lima pertandingan terakhir, juragan minyak asal Rusia tersebut memecat Roberto Di Matteo.

Seperti dilansir The Telegraph, Abramovich sebelumnya mendapat saran dari direktur-direktur The Blues seperti Eugene Shvidler, Eugene Tenenbaum, dan Michael Emenali untuk mempertahankan pria Italia tersebut. Namun, seperti yang sudah-sudah, Abramovich tetap bersikukuh untuk memecat mantan gelandang The Blues tersebut.
Sejak awal sebenarnya Abramovich tidak menginginkan Di Matteo menjadi manajer Chelsea meskipun berhasil meraih trofi Liga Champions dan piala FA ketika masih berstatus sebagai caretaker.

Daily Mail mengabarkan Abramovich akan menunjuk eks pelatih Valencia, Liverpool, dan Inter Milan, Rafael Benitez. Pelatih yang berusia 52 tahun ini sudah tidak melatih klub manapun sejak hengkang dari Inter Milan pada 2010 setelah berada selama enam bulan di San Siro.
Namun, ada indikasi Benitez akan berada di Stamford Bridge hingga akhir musim. Abramovich dikabarkan sangat menginginkan Pep Guardiola menahkodai John Terr, dan kawan-kawan pada musim depan.

Pernyataan Chelsea yang dilansir The Sun mengenai pemecatan Di Matteo menyebutkan: “Penampian terakhir tim dan hasil yang dicapai belakangan ini tidak cukup bagus.”
“Pemilik (Roman Abramovich) dan dewan pengelola merasa perubahan diperlukan sekarang untuk menjaga agar klub terus bergerak ke arah yang benar hingga akhir musim ini.”
“Klub menghadapi tugas berat pada babak knock out Liga Champions sekaligus mempertahankan posisi puncak di Premier League dan tiga kompetisi lainnya.”

Malam sebelum dipecat, Di Matteo mengaku salah menerapkan strategi sehingga Chelsea kalah telak dari Juventus. “Saya menginginkan pendekatan yang berbeda malam ini dengan memasang tiga bek tengah,” kata Di Matteo sebelum dipecat.
Tiga bek tersebut adalah Garry Cahill, David Luiz dan Brainslav Ivanovic, namun secara keseluruhan Di Matteo sebenarnya menggunakan lima bek. Hal tersebut bisa dilihat dari dipasangnya Ashley Cole dan Cesar Azpilicueta juga sebagai pemain utama.
Banyaknya pemain bertahan, berarti mengurangi daya gedor Chelsea. Terlebih lagi keputusan untuk mencadangkan Fernando Torres akhirnya dilakukan oleh pelatih plontos itu, dan baru dimainkan pada menit 71.

Dengan formasi awal 5-2-3, The Blues bertanding tanpa seorang striker murni. Meski ada tiga orang di depan, namun yang bermain hanyalah para gelandang yaitu Eden Hazard, Juan Mata, dan Oscar.
Mereka memang membuat penguasaan bola Chelsea menjadi unggul 52 persen, hanya saja itu tidaklah cukup untuk membuat timnya menang.
Seorang penyerang butuh menendang bola ke arah gawang lawan, dan ketiganya hanya bisa membuat dua ancaman selama pertandingan berlangsung. “Jika ada yang harus disalahkan, sayalah orangnya,” katanya.

Dengan kekalahan tersebut, Chelsea turun keperingkat tiga klasemen sementara Grup E. Mereka mendapat poin tujuh, dan berbeda tiga poin dengan Shaktar Donetsk yang ada di posisi pertama.
Peluang anak-anak London itu nampaknya semakin berat, namun harapan Di Matteo membawa Chelsea lolos ke fase 16 besar masih terbuka. Masih ada satu pertandingan lagi tersisa yaitu melawan FC Nordsjaelland sebagai juru kunci, dan mereka harus bisa menang. Secara matematika, Chelsea masih bisa lolos jika Shaktar dapat mengalahkan Juventus.(*)

  1. Dr Boas
    25 November 2012 pukul 12:24 AM

    inilah sepak bola, selalu bergulir tampa ada atas maupun bawah
    semoga Di Matteo mendapatkan pelabuhan yang lebih bagus lagi

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: