Beranda > Objek Wisata > Penangkaran Burung Cemara Asri

Penangkaran Burung Cemara Asri


  • Penangkarang Burung Cemara Asri
  • Oleh: Anju Msi

 Penangkarang Burung Cemara Asri…!!!

Banyak taman tersebar di tengah hirup pikuk Kota Medan, yang sejatinya jadi tempat pelepas penat bagi masyarakat di sore hari jikala pulang kerja. Contoh kecilnya saja, Taman Teladan dan Taman Beringin yang mengandalkan keindahan air pancurranya, sehingga setiap sore hari-nya. Taman yang di kelola Pengko Medan ini dipadati pengunjung dari berbagai kalangan. Namun Taman ini adalah taman buatan yang dicoba di poles menjadi Taman Alami dengan menanami setiap sisi taman dengan pohon berbunga, lalu menata bangku-bangku kecil di bawah pohon tersebut.

Selain Taman-taman yang di kelola Pemko Medan tersebut, Mall menjadi arternatif lain untuk rekreasi  sejenak Masyarakat. Kadang kala hal-hal rutin seperti ini malah membuat kita selaku pengunjung cepat merasa jenuh dan bosan, lalu dimana tempat yang paling cocok untuk bersantai dengan keluarga untuk sejenak tetapi tidak membosankan?, Penangkaran Burung Cemara Asri.  Saya kira Anda akan menyukai tempat itu, Sederhana, tidak jauh dari Perkotaan, Suasana Sejuk dan Alami.

Penangkaran Burung ini terbuka bagi umum, selain letaknya di tengah perumahan cemara asri yang padat penduduk, menjadikan tempat ini ramai oleh pengunjung yang sekedar bersantai di sore hari sambil menikmati berbagai jajanan kaki lima  yang dijual sekitar rawa. Pecel, mie, sate, martabak, jus, rujak hingga beberapa penganan etnis Tionghoa.

Dikatakan penangkaran, sebenarnya kurang tepat karena tempat ini sebenarnya terbentuk secara alami. Awalnya sejumlah burung bersarang di area kapling komplek berawa-rawa yang belum terbangun, walau sekarang kompleks Cemara Asri ini telah dipadati perumahan. Tetapi rawa-rawa tempat burung bersarang tersebut tetap dibiarkan sehingga sampai sekarang ribuan burung dari berbagai jenis bersarang di sana. Pengelola komplek Cemara Asri, Bapak H.Anif, membiarkan hal ini, bahkan mengeruk setiap sisi rawa agar air di dalam rawa dapat mengalir dan menyebarkan beberapa jenis bibit ikan tawar, kura-kura dan Biawak disana.

Jika Anda berencana mengunjunginya, sebaiknya anda datang di Sore hari antara pukul 4 hingga 6 sore adalah waktu yang tepat datang ke tempat ini, karena burung siang kembali ke sarang, sementara burung malam baru akan memulai aktivitasnya, sehingga lautan burung di udara tak jarang akan kita jumpai. Kita dapat melihat burung-burung ini terbang dan bertengger di dahan pohon secara dekat, dan satu lagi. Sebaiknya Anda jangan lupa membawa pakan ikan, karena di sini kita juga dapat melihat berbagai jenis ikan tawar secara dekat dengan cara memberi pakan, “DI LIHAT BOLEH, DI PEGANG JANGAN”, sejatinya pepatah yang harus Anda terapkan jikalau sudah sampai di tempat ini🙂 . (*)

FOTO-FOTO TERKAIT PENANGKARAN BURUNG CEMARA ASRI

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: